5 CaraUntuk Peringati Hari Pahlawan

Hari ini tepat tanggal 10 November. Sebagaimana kita ketahui, setiap tanggal 10 November merupakan Hari Pahlawan. Ini adalah hari dimana masyarakat Indonesia diwajibkan mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Apa yang biasa kamu lakukan di Hari Pahlawan? Bagi kamu yang masih bingung mau melakukan aktivitas apa, coba simak ulasan berikut. Inilah 5 cara unntuk memperingati Hari Pahlawan.

1. Baca Buku Biografi Pahlawan
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk peringati Hari Pahlawan adalah dengan membaca buku tentang biografi pahlawan. Contoh, kamu bisa baca biografi tentang Jenderal TNI Ahmad Yani. Cari tahu bagaimana perjuangan beliau saat membela Indonesia semasa hidup. Dengan baca buku biogafi para pahlawan, kamu akan lebih tahu tentang sejarah hidupnya.

2. Nonton Film Perjuangan Pahlawan
Selain baca buku, menonton film yang bercerita tentang perjuangan pahlawan juga bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Dari film-film ini, kamu akan lebih paham bagaimana caranya para pahlawan memerdekakan Indonesia dan mengusir penjajah dari Tanah Air.

3. Berkunjung Ke Museum
Kalau yang ini pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Berkunjung ke museum bisa kamu coba guna peringati Hari Pahlawan. Kamu bisa datang ke Museum Satria Mandala di Jakarta. Biasanya, saat peringatan Hari Pahlawan, tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk masuk ke museum.

4. Buat Teatrikal
Membuat teatrikal tentang pahlawan juga bisa kamu lakukan lho. Umumnya, orang-orang yang membuat teatrikal ini berdandan dan berkostum layaknya para pahlawan. Bahkan, mereka juga melengkapi diri dengan senjata. Namanya teatrikal, kamu pun harus memerakan karakter pahlawan yang seolah-olah sedang berperang melawan para penjajah.

5. Ziarah Ke Makam Pahlawan
Cara terakhir, kamu bisa ziarah ke makam pahlawan guna memperingati Hari Pahlawan. Kamu bisa datang untuk berdoa bagi para pahlawan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata atau TMP Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan. Usai berdoa, taburkan bunga ke pusara para pahlawan.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment