1. Rajin Membaca
Buku adalah jendela dunia, dengan rajin membaca akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan dan akan memperkaya khazanah wawasan yang dimiliki seorang siswa. rajin membaca adalah syarat mutlak yang harus dilakukan untuk bisa menjadi siswa yang berprestasi. Rata-rata siswa yang berprestasi di sekolah memiliki minat membaca yang cukup besar, kebiasaan membaca tidak hanya ketika berada di sekolah tetapi juga ketika berada di rumah atau di lingkungan sekitar. Mendapatkan ilmu melalui membaca saat ini bukan hanya melalui buku tetapi juga bisa melalui media laptop, smartphone dan lain-lain.

2. Memiliki keingintahuan yang tinggi
Coba anda amati siswa yang juara kelas atau siswa yang berprestasi di sekolah anda, bagaimana motivasinya untuk mengetahui sesuatu yang baru atau seberapa besar rasa keingintahuannya terhadap hal-hal baru atau yang baru, besar bukan rasa keingintahuannya. Salah satu kebiasaan yang dimiliki beberapa siswa yang berprestasi adalah mereka memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, misalkan ketika diberikan tugas yang sulit atau masalah yang sulit dipecahkan justru mereka akan semakin bersemangat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

3. Fokus dalam belajar
Siswa yang berprestasi selalu fokus ketika belajar, fokus bukan berarti mereka menjadi kutu buku atau jarang bergaul akan tetapi fokus disini adalah dia mampu belajar dalam kondisi apapun, misalkan ketika kondisi kelas yang ribut dimana teman-teman yang lain sedang bermain dia tetap bisa mencerna pembelajaran dengan baik selain itu mereka tidak mudah terganggu ketika belajar.

4. Memiliki inisiatif
Selanjutnya siswa yang berprestasi juga biasanya memiliki inisiatif yang tinggi, misalkan ketika guru meminta seorang siswa untuk maju kedepan menyelesaikan sebuah soal maka dengan inisiatifnya dia akan terlebih dahulu maju untuk menyelesaikan soal-soal tersebut sebelum teman-teman yang lain, juga memiliki inisiatif untuk bertanya jika ada pelajaran yang tidak diketahui dan tidak merasa malu akan ketidaktahuaannya tersebut.

5. Disiplin dalam belajar
Gaya belajar siswa berprestasi adalah memiliki displin tinggi, siswa yang berprestasi biasanya sudah membuat jadwal belajar dan jadwal bermain setiap harinya, ketika jadwal belajarnya telah tiba maka dia akan segera untuk mulai belajar dan meninggalkan aktivitas yang sedang dia lakukan selain itu siswa yang berprestasi tidak suka menunda-nunda pekerjaan, jika ada tugas atau pekerjaan rumah maka dia akan berusaha segera menyelesaikannya.

6. Berusaha memahami dan menguasai konsep pembelajaran
Cara belajar selanjutnya yang dimiliki orang yang berprestasi adalah selalu berusaha memahami konsep suatu materi pembelajaran, jika dia telah menguasai dan memahami konsep pembelajaran tersebut barulah ia akan melangkah ke pelajaran selanjutnya. misalnya ketika belajar matematika dengan materi pembagian maka ia akan fokus mempelajari cara pembagian tersebut baik secara konsep maupun praktik dan ketika ia telah benar-benar paham tentang pembagian barulah ia melangkah ke materi pelajaran selanjutnya.

7. Menggunakan metode swot
Swot adalah singkatan dari Strenght (kekuatan), Weaknes (kelemahan), Oportunitis (kesempatan) dan Threats (ancaman). Siswa yang berprestasi biasanya akan menganalisa apa kekuatan yang dimiliki, kelemahan yang dimiliki, kesempatan dan ancaman pada dirinya setelah memahami keempat hal tersebut kemudian diakan memperbaiki apa yang kurang darinya dan memaksimalkan apa yang menjadi kelebihannya.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment