1. Memahami tujuan kita belajar untuk apa
Pertama-tama, tanyakanlah pada dirimu sendiri. Tujuanmu belajar untuk apa? Kalau kamu sudah paham dengan tujuanmu, selanjutnya tinggal merancang strategi untuk menyukseskan tujuan tersebut. Contoh: tujuan saya belajar adalah untuk lulus ujian tes kuliah kedokteran! Kalau targetnya adalah kuliah kedokteran, belajarnya tentu gak boleh main-main dong ya!

2. Mengatur jadwal sehari-hari
Nah, agar waktu kita gak habis buat main-main doang, penting untuk mengatur jadwalmu sehari-hari. Seorang pelajar yang baik mampu membagi-bagi waktu antara belajar, membantu orang tua dan bermain. Setelah kamu mempunyai jadwal, berusahalah untuk patuh dengan jadwal itu agar kita menjadi seorang yang disiplin.

3. Gunakan kesempatan dengan tepat
Kesempatan tidak akan datang dua kali, oleh karena itu, ketika kamu mendapatkan kesempatan, jangan pernah lewatkan kesempatan itu. Gunakan kesempatan yang datang padamu dengan tepat. Ketika guru menerangkan pelajaran, itu kesempatanmu untuk memperhatikan sebaik-baiknya. Ketika ada ulangan harian atau ujian, itu kesempatanmu untuk mendapat nilai yang tinggi. Jika ada perlombaan, itu kesempatanmu untuk menguji kemampuan bersaing. Pokoknya, jangan pernah lewatkan kesempatan yang datang.

4. Jadilah pelajar yang aktif, bukan pasif
Buat kamu yang suka duduk di pojokan, tidak masalah sih. Tapi kalau sudah duduk di pojokan, tidak jadi siswa yang aktif juga, itu baru masalah. Aktif di sini adalah gemar berdiskusi tentang keilmuan dengan teman, tidak malu bertanya jika tidak mengerti, rajin mengunjungi perpustakaan untuk menambah ilmu dan lainnya.

5. Pupuk bakat sosialmu dengan kegiatan ekstakurikuler
Kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh nilai akademis lho, tapi juga nilai sosial. Secara, manusia adalah makhluk sosial, kita pasti membutuhkan orang lain. Cara yang paling gampang untuk memupuk bakat sosialmu adalah ikut dalam ekskul atau kegiatan pemuda. Yakinlah, bakat sosial ini sangat kamu butuhkan baik hari ini maupun di masa akan datang.

6. Cari hobi yang positif dan peliharalah
Hobi kamu apa? Hobi yang positif dapat membantu kamu suskses di masa depan. Percayalah. Jangan salah, dengan hobi yang terpelihara seseorang bisa mencapai prestasi dan menghasilkan uang. Misalnya menulis, olahraga, bisnis dan lainnya. Selain itu dengan memiliki hobi kamu mempunyai cara untuk sejenak istirahat dari rutinitas sebagai seorang pelajar.

7. Manfaatkan semua media yang ada
Tips terakhir adalah memanfaatkan semua media yang ada. Ya, zaman sekarang ini sangat banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk belajar, mencari informasi dan menyalurkan kreatifitas kita. Media elektronik, internet dan sebagai macam. Kamu bisa gunakan itu semua untuk membantumu menjadi pelajar yang sukses dan berprestasi.

Leave a Comment