Bagaimana persiapan siswa menghadapi ujian terakhir tersebut? Berikut adalah cara ampuh menghadapi UN:

1.Belajar secara rutin
Adalah penting belajar setiap hari secara rutin meskipun itu hanya beberapa menit saja. Menjelang detik-detik UN, dimana ada kesempatan, disitulah siswa membuka buku pelajaran. Namun tidak perlu dipaksakan dalam waktu yang lama. Dalam hal ini berlaku formulasi; 3 x 1 lebih baik dari 1 x 3. Artinya, belajar 3 kali dalam waktu 1 jam lebih baik ketimbang belajar 1 kali dalam waktu 3 jam.

2.Menata buku catatan
Buku catatan pelajaran, khususnya mata pelajaran yang diuji secara nasional ditata dengan rapi. Tujuannya agar lebih bersemangat membaca buku pelajaran. Buku catatan yang rapi dan indah akan menarik perhatian dan minat untuk membaca dan mempelajarinya.

3.Pelajari contoh-contoh soal UN
Contoh-contoh soal UN tahun sebelumnya cukup bagus untuk dipelajari. Soal UN tahun berikutnya tak akan jauh berbeda selagi SKL dan kisi-kisi UN tak jauh beda. Apakah siswa sudah memiliki kopian SKL dan bundelan soal-soal UN tahun sebebelumnya? Kalau belum usahakan segera.

4.Belajar kelompok
Membahas soal-soal UN sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Kelompok siswa jangan terlalu banyak, cukup 3 sampai 4 orang saja. Sebab, kalau terlalu banyak dikhawatirkan akan menjadi ajang ngobrol belaka. Belajar berkelompok di rumah teman secara bergiliran sangat membantu siswa untuk memahami model dan cara mengerjakan soal UN yang lalu.

5.Belajar tambahan
Jika sekolah mengadakan program belajar tambahan, segera ikuti dengan baik. Hilangkan perasaan terpaksa karena belajar yang disertai dengan keengganan akan membuang waktu dan tenaga belaka. Kuncinya adalah mengikuti belajar tambahan dengan penuh semangat. Belajar tambahan jika diikuti dengan baik akan mengantarkan siswa pada kesuksesan dalam UN.

6.Menjaga stamina dan kesehatan
Cara-cara di atas tidak akan berarti banyak jika siswa tidak menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Tidur yang cukup, banyak makan buah dan sayur, minum air putih yang cukup, serta jangan lupa berolah raga ringan setiap pagi sebelum berangkat sekolah.

Leave a Comment