Belajar merupakan cara dalam mempelajari sesuatu, terutama dalam menemukan suatu hal baru. Belajar merupakan suatu hal yang wajib dilakukan dan dimanfaatkan. Sejak kecil Anda sudah mengalami proses belajar, misal belajar berjalan. Konteks belajar memang tidak terdapat batasan, termasuk usia. Dari Anda masih kecil hingga bahkan sudah menua nantinya, Anda akan masih mengalami proses belajar.

Karena kata belajar memiliki makna yang bersifat universal, yang tidak hanya terpaku atau sekedar dalam artian belajar di sekolah atau kampus saja. Dengan belajar tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda ambil. Anda akan mendapatkan pengetahuan yang luas dari belajar, misal dengan membaca buku merupakan cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menambah wawasan Anda.

Mungkin bagi sebagian orang, belajar merupakan sesuatu yang membosankan. Terlebih lagi, kemampuan tiap orang dalam belajar tidaklah sama. Ada yang merupakan pelajar cepat, yaitu dapat dengan cepat memahami dan mengingat materi yang diberikan, dan ada juga pelajar yang membutuhkan waktu akan pemahaman materi. Hanya persoalan cara atau teknik yang digunakan untuk dapat memahami materi. Dan berikut 3 cara efektif yang bisa Anda lakukan dalam teknik belajar Anda untuk dapat mengingat materi.

Membuat kartu atau catatan kecil

Bila ada kegiatan atau janji penting, umumnya Anda akan menuliskan dikertas tempel kecil. Sama halnya dengan teknik belajar untuk mengingat. Ini merupakan cara simpel yang dapat membantu Anda dalam mengingat materi pelajaran. Dikatakan bahwa efek visual lebih membantu dalam mengingat sesuatu. Sehingga dengan Anda membuat catatan kecil yang Anda tempel dan letakkan di tempat yang sering Anda lihat, dapat membantu Anda dalam mengingat materi pelajaran.

Dinyanyikan

Nampaknya menghapal lirik lagu lebih mudah ketimbang dengan materi pelajaran. Karena diiringi oleh nada-nada yang membuat lebih easy-listening dan enjoy bagi pendengarnya. Cara ini dapat Anda lakukan. Anda dapat membuat lagu dari nada-nada kesukaanmu dengan kata kunci dari materi pelajaran. Seperti lagu Gita Gutawa yang berjudul Parasit, Anda dapat menirunya sepeti itu.

Tulis, Baca dan Ulangi

Ini merupakan cara umum yang biasa dilakukan untuk membantu dalam menghapal dan mengingat materi. Cara ini memang terbukti efektif, karena Anda akan dilatih untuk menulis materi yang Anda dapatkan lalu membacanya, dan mengulanginya lagi. Yang kemudian akan menjadi suatu kebiasaan. Suatu hal yang menjadi kebiasaan, tentunya akan dengan mudah untuk diingat.

Leave a Comment