Selama ini tak sedikit orangtua yang, karena kesibukannya, cenderung memasrahkan pendidikan anak-anaknya kepada sekolah-sekolah formal. Ini tidak salah.

Namun, kadang-kadang pemasrahan itu disertai juga dengan ketidakpedulian terhadap nasib pendidikan anak-anaknya. Bahkan, ada anggapan umum bahwa belajar hanyalah sebatas di sekolah formal, bukan di tempat yang lebih luas.

Homeschooling dapat menyadarkan kepada para orangtua bahwa belajar bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Bahkan, untuk menanamkan rasa cinta belajar kepada anak sejak dini, hanya orangtualah yang mungkin paling layak untuk mewujudkannya.

Homeschooling mengingatkan para orangtua bahwa kecintaan belajar, mencari ilmu, dapat ditumbuhkan di rumah. Seto Mulyadi

Benar, secara naluriah, anak sejak berada di kandungan ibunya sudah dilengkapi dengan kemauan-kuat untuk belajar. Namun, apabila lingkungan di rumahnya tidak mendukung, ada kemungkinan kemauan-kuat itu semakin lama semakin hilang dan akhirnya tidak ada lagi semangat atau rasa cinta belajar dalam diri si anak.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn