Orang Tua Bijak Menghasilkan Anak Super
Anak super tidak sekedar pintar membaca,menulis dan berhitung, tapi memiliki kualitas pribadi yang kuat dan tangguh. Kata-kata bijak di bawah ini untuk direnungkan agar kita terus tumbuh menjadi orang tua hebat sehingga bisa mendidik anak menjadi anak super, anak yang cerdas pikirannya, emosinya, kehidupan sosial dan spiritualnya. Tidak mudah memang, tapi bukan tidak mungkin. Meski tidak sehebat pribadi-pribadi yang kita hormati, namun kita menjadi diri kita yang terbaik.
 
Kutipan untuk Orang Tua Bijak, Anak Super
“Anak-anak tidak pernah baik dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun mereka tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua.” James Baldwin
 
Berhati-hatilah karena anak adalah peniru yang baik. Bersikaplah sebaik yang bisa kita lakukan dan bimbinglah anak melakukan prinsip ATM, amati, tiru dan modifikasi. Mudah-mudahan dia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik daripada kita.
 
“Anak-anak lebih butuh contoh daripada kritik.” Carolyn Coats
 
Anak yang terus-menerus diserang harga dirinya dengan kecaman dan kritikan bisa tumbuh menjadi anak yang rapuh dan rendah diri. Seringkali apa yang disebut sebagai kenakalan anak hanyalah ketidaktahuan, kecerobohan, kurangnya konsentrasi, ketidaknyamanan, kebutuhan akan perhatian. Tapi masalahnya sering terjadi akibat kurangnya contoh-contoh baik yang kita perlihatkan kepada mereka. Sungguh menyedihkan ketika melihat anak-anak bersikap buruk seperti yang kita contohkan.
 
“Kita harus mendidik anak-anak kita untuk bermimpi dengan mata terbuka.” Harry Edwards
 
Baik sekali untuk membiarkan anak-anak bermimpi meraih bintang di langit,namun kita perlu mengingatkan mereka untuk berani membayar harganya dengan kerajinan, ketekunan, kesabaran, keberanian dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.
 
“Anak-anakmu lebih butuh kehadiranmu daripada hadiahmu.” Jesse Jackson Waktu yang berkualitas, kebersamaan yang menyenangkan dan kesediaan untuk menjadi pendengar yang baik adalah hadiah istimewa yang bisa diberikan oleh setiap ayah bunda bagi buah hatinya.
 
“Seorang anak yang dididik dengan salah adalah anak yang tersesat.” John F. Kennedy
 
Sebagai orang tua seharusnya kita mendidik diri kita untuk bertumbuh menjadi pribadi yang berkualitas agar kita bisa mendidik anak-anak dengan benar. Orang tua yang bijak tidak akan mendidik anak dengan cara-cara yang akan membuatnya menjadi pribadi yang mudah khawatir, mudah menyerah, mudah marah dan mudah putus asa.
 
“Terlalu sering kita memberi anak-anak jawaban untuk diingat daripada masalah untuk dipecahkan.” Roger Lewin
 
Karena hidup mengandung banyak masalah, maka kita perlu mengajar anak untuk menyelesaikan masalah bukan sekedar mengisi otaknya dengan banyak pengetahuan dan nasihat yang tidak pernah dipraktekkannya. Untuk tumbuh menjadi anak super, mereka harus banyak belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah.
 
“Lebih mudah membuat anak yang kuat daripada memperbaiki manusia yang lemah.” frederick Douglass
 
Selama 12 tahun orang tua mempunyai kesempatan untuk membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Mengabaikan kesempatan emas itu bisa menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.
 
“Cara terbaik dalam menasihati anak-anakmu adalah mencari tahu apa yang mereka inginkan dan lalu nasehatilah mereka bagaimana melakukannya.” Harry S. Truman
 
Anak-anak menginginkan banyak hal dan sering berimpi besar. Kita tidak boleh memadamkan percikan api yang menyala itu. Kita perlu mengarahkannya agar tidak menghanguskan namun menjadi kekuatan untuk meraih yang terbaik dalam hidupnya.
It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment