Tips dan cara agar naik kelas. Berikut sedikit tips buat siswa, khususnya yang rentan tinggal kelas.

1.Perbaiki sikap dan tingkah laku
Naik kelas juga berarti kenaikan kualitas sikap dan tingkah laku siswa. Jangan dipahami kenaikan kelas itu hanya sebagai kenaikan tingkat kelas karena nilai mata pelajaran mencapai angka KKM semata. Oleh sebab itu, belum terlambat untuk memperbaiki semua itu.

2. Periksa kembali hasil belajar
Memeriksa kembali hasil belajar dalam semester yang yang sedang diikuti sangat penting. Yang diperiksa antara lain, apakah ada nilai ulangan harian yang masih belum tuntas atau mencapai nilai KKM. Cari kembali penyebabnya. Baca juga: Proses Pengolahan Nilai Siswa

Jika ada nilai ulangan harian yang belum tuntas, silahkan temui guru mata pelajaran bersangkutan. Tidak salah jika siswa melibatkan orang tuanya dalam menyelesaikan persoalan mata pelajaran yang belum tuntas. 

3.Persiapkan diri menghadapi ujian
Ujian kenaikan kelas tentu saja sangat penting artinya bagi proses penilaian. Persiapkan diri siswa sebaik mungkin. Bagaimana bentuk persiapan menghadapi ujian? 

Tidak banyak tipsnya bukan? Mudah-mudahan siswa yang rentan untuk tinggal kelas bisa berbenah diri agar tidak menyesal ketika menerima rapor kenaikan kelas. Masih ada waktu untuk berbuat yang lebih baik agar naik kelas.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment