Pendidikan anak bukan bukan hanya tentang keterampilan dan pelajaran-pelajaran duniawi semata. Orang tua juga memiliki kewajiban untuk mengajarkan pendidikan moral kepada anak. Pendidikan moral merupakan dasar bagi kehidupan pribadi dan sosial. Dengan menanamkan pendidikan moral sejak dini, kepribadian anak dapat tumbuh dengan baik dan seimbang.

Sebelum si kecil memasuki usia sekolah, ada baiknya orang tua terlebih dulu memperkenalkan pendidikan agama kepada buah hati. Cara memperkenalkannya bisa bermacam-macam, tergantung kemauan orang tua dan kemampuan anak dalam mencernanya.

Jika Anda telah yakin bahwa ini saat yang tepat untuk mengajarkan kehidupan beragama kepada buah hati, maka Anda bisa menyimak beberapa tips berikut.

Mengenalkan Anak Pada Tuhan
Yang pertama harus dilakukan dalam pendidikan agama adalah dengan cara memberikan pengetahuan kepada anak tentang Tuhan Sang Maha Pencipta. Salah satunya dengan cara menunjukkan pada mereka bukti-bukti kebesaran-Nya.

Dunia dan seluruh isinya adalah salah satu bukti kebesaran Tuhan. Anda bisa mulai menjelaskan pada anak tentang makhluk-makhluk ciptaan Tuhan, seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Kemudian terangkan juga bahwa segala hal yang terjadi di lingkungan sekitar adalah atas seizin Tuhan. Misalnya, peristiwa hujan turun, hembusan angin, burung-burung yang terbang di angkasa, dan lain sebagainya.

Biasanya seorang anak akan bertanya apa saja yang membuatnya penasaran. Sedikit saran, Anda perlu bersikap lunak dan sabar ketika anak mulai kritis. Jawab pertanyaan mereka secara perlahan namun terarah, dan ajaklah mereka untuk belajar mencari jawaban mereka sendiri. Selanjutnya, tanyakanlah jawaban mereka. Jika jawaban mereka kurang tepat, bantulah mereka dengan jawaban yang benar.

Belajar Bersikap
Pendidikan agama selalu mengajarkan tentang kebaikan. Ajaklah putra putri Anda untuk berbuat baik, baik kepada teman, orang tua, maupun dirinya sendiri.

Mengajarkan anak untuk berbuat baik kepada teman bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, menyuruhnya berbagi makanan kecil atau meminjamkan mainan kepada teman. Bisa juga dengan menganjurkannya untuk menolong si teman saat tertimpa musibah.

Sebagai orang tua, Anda juga wajib mendidik anak agar selalu patuh pada nasihat Anda. Berilah pengertian padanya, bahwa orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi putra putrinya. Anda juga bisa memberinya teladan dengan mencontohkan sikap hormat Anda kepada kakek neneknya. Harapannya, anak bisa meniru sikap hormat yang Anda tunjukkan tadi.

Selain bersikap baik pada orang lain, anak juga harus baik terhadap dirinya sendiri. Menjaga kesehatan tubuh, kebersihan rumah, dan lingkungan tempat tinggal, merupakan beberapa contoh sikap baik kepada diri sendiri.

Menceritakan Kisah Teladan
Kebanyakan buku-buku anak bercerita tentang kisah-kisah teladan. Ini bisa Anda gunakan untuk memperkenalkannya pada agama. Buku cerita tentang masa hidup tokoh-tokoh agama bisa menjadi sumber yang tepat untuk putra-putri Anda.

Kini majalah anak bertema agama juga telah banyak diterbitkan. Di dalamnya berisi banyak cerita-cerita bergambar menarik yang mengandung pesan moral. Anda bisa membacakan padanya sebagai dongeng pengantar tidur.

Dengan membaca kisah-kisah tersebut, diharapkan anak akan meneladani sifat-sifat baik yang dimiliki oleh tokoh-tokoh dalam cerita.

Mengajak ke Tempat Ibadah
Kadang kala ada orang tua yang tidak suka mengajak putra-putrinya pergi ke tempat ibadah. Alasannya, karena anak-anak masih belum mengerti dan dikhawatirkan akan merepotkan.

Pemikiran tersebut tidak sepernuhnya benar. Bahkan sesekali, orang tua harus menyempatkan diri untuk mengajak si kecil beribadah bersama. Pengenalan tempat ibadah sebagai rumah Tuhan merupakan salah satu bentuk pendidikan agama. Buah hati Anda akan mampu memahami tata cara beribadah, menghormati ibadah orang lain, dan menjaga sikap, serta sopan santun di dalam tempat ibadah.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment