Bermain merupakan dunianya anak dan sekolah merupakan kebutuhan anak yang sangat penting bagi dirinya di masa yang akan datang, sebagai orang tua pastinya menginginkan si anak untuk tetap fokus belajar atau sekolah dan juga bebas bermain di usianya.

Belajar dan bermain keduanya merupakan sangat penting untuk Edukasi Anak, apalagi kalau anak usia kurang dari 12 tahun, dunia mereka adalah dunianya bermain, jangan sampai di usianya tersebut, aktifitas bermain anak terganggu dengan terus-menerus belajar bahkan harus bekerja. Dengan bermain, kemampuan sosialisasi anak akan terlatih, banyak pengalaman dan juga belajar memahami lingkungan sekitar. Tapi, jangan sampai juga sekolahnya terganggu karena bermain, sebagai orang tua harus bisa mengatur antara bermain dan juga belajar.

Berikut ini tips mengatur jadwal sekolah anak dan juga bermainnya sebagai Edukasi Anak yang tepat:

  1. Sebagai orang tua, Anda harus paham dengan kondisi anaknya, sibuk di sekolah tidak harus anak secara terus-menerus digembleng untuk belajar dan belajar, sesekali biarkan anak untuk me-refresh pikirannya dengan bermain bersama teman-temannya, hal ini dimaksudkan agar anak tidak mengalami stress atau kejenuhan karena terus belajar.
  2. Waktunya jadwal sekolah harus sekolah, waktunya bermain harus bermain, karena dengan membagi waktu antara sekolah dan bermain akan menjadikan anak disiplin dalam berbagai aktifitasnya.
  3. Dalam bermain anak, jangan berikan sesuatu yang kurang manfaat, seperti bermain gadget yang terlalu berlebihan sampai seharian diam di rumah atau hanya nonton TV saja, biarkan anak untuk mengeksplore kemampuannya di dunia luar untuk bermain, seperti bermain bola untuk laki-laki, bermain masak-masakan atau bermain boneka bagi anak perempuan, dan lain sebagainya.
  4. Atur antara jadwal belajar dengan jadwal bermainnya, jangan sampai kegiatan bermainnya mengganggu jadwal belajar si anak, dengan begitu anak akan memiliki kemampuan yang bagus dibandingkan dengan anak yang kurang aktif dalam beraktifitas.

Itulah beberapa tips Edukasi Anak yang perlu Anda terapkan dalam keseharian anak antara belajar dengan bermain, dengan begitu anak akan tumbuh aktif dan cerdas menjadi kebanggaan orang tuanya.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Comment