Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun, terkadang kebanyakan orang tua salah dalam mengasuh anaknya untuk menjadi yang terbaik. Mengekang adalah hal yang sering dan banyak orang tua lakukan kepada anaknya. Berikut adalah 5 hal yang akan terjadi jika orang tua terlalu mengekang anak.

1.  Anak Tidak Memiliki Tujuan Yang Jelas

Orang tua yang mengekang anak, biasanya akan mengatur semua hal dalam hidupnya sesuai dengan keinginan orang tuanya tanpa ada persetujuan dari sang anak, seolah-olah sedang mendikte kehidupan sang anak.

Mulai dari pendidikan hingga sosial lingkungannya. Padahal setiap anak berhak memiliki kebebasan dan menentukan apa yang mereka suka.

Orang tua yang bersikap seperti harus dihentikan. Berikan mereka kebebasan namun bukan berarti tidak diperhatikan. Berikan juga mereka arahan dan pandangan tentang apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

 

2.  Anak Hidup Hanya Untuk Menuruti Keinginan Orang Tuanya

Orang tua yang terlalu memaksakan keinginannya, dengan alasan orang tua yang ingin mewujudkan impiannya dulu yang tidak kesampaian, akan membuat anak mengubur impiannya sendiri.

Pengasuhan seperti bisa saja membuat anak merasa tersiksa karena mereka tidak diberikan kesempatan untuk meraih impiannya.

Setiap manusia diciptakan berbeda-beda. Jangan samakan keinginan dan kesukaan orang tua dengan sang anak. Jangan paksakan ikan memanjat pohon setinggi monyet dan kucing berenang sedalam paus.

Jika orang tua gagal mewujudkan impiannya dulu, jangan paksakan anak mewujudkan impian tersebut di masa kini. Beri dukungan pada pilihan mereka dan tuntun mereka ke arah yang tepat agar impian dan masa depan mereka cerah.

 

3.  Anak Tumbuh Menjadi Seorang Pembohong Dan Pembangkang

Semakin keras didikan orang tua, semakin pula anak akan frustasi. Mereka akan berusaha bagaimanapun caranya hingga mau melakukan segala cara untuk mencari jalan keluar untuk melarikan diri.

Sikap tegas kepada anak dan memberikan aturan dalam keluarga memang tidak ada salahnya, namun hanya saja berikan porsi yang pas terhadap aturan tersebut.

Orang tua yang sering memarahi dan melarang apa yang mereka ingin lakukan dan bertentangan dengan keinginan orang tua, seiring berjalannya waktu, anak akan tumbuh menjadi seorang pembohong dan pembangkang dalam waktu yang bersamaan.

 

4.  Anak Menjadi Sulit Mengekspresikan Diri

Orang tua yang memaksakan keinginannya kepada anak, juga membuat mereka tumbuh tanpa potensi terbaiknya.

Misal, ketika anak lebih tertarik dengan renang, orang tua malah justru memaksa sang anak untuk ikut les matematika, bukannya mengarahkan sang anak untuk ikut les renang.

Pengasuhan seperti ini akan membuat anak sulit untuk mengekspresikan diri dan tidak bisa merasakan hidup sebagai dirinya sendiri.

 

5.  Anak Akan Merasa Kurang Percaya Diri

Orang tua yang terlalu mengekang anak dan memaksa untuk mengikuti keinginan orang tuanya, anak biasanya akan sulit untuk percaya diri, karena kurangnya bergaul terhadap sosial lingkungan dan teman sebayanya.

Sebagai orang tua, seharusnya memberikan anak kesempatan untuk berteman dengan siapapun. Namun, tetap diperhatikan dan diawasi sehingga hal-hal buruk tidak akan terjadi.

Itulah 5 dampak yang mungkin akan terjadi pada anak jika orang tua terlalu mengekangnya. Maka dari itu, mulai sekarang berilah kebebasan terhadap anak baik itu dalam bidang pendidikan dan juga lingkungan sosialnya. Namun, perlu dicatat untuk selalu membimbing, mengawasi, dan dukungan yang tepat.

 

Kreator: Rafif Faiza Afif

 

 

 

Leave a Comment