Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan sebaiknya diajarkan kepada anak sejak dini. Anak perlu mengenal kewajiban mereka sebagai muslim dan berusaha untuk memenuhinya. Orang tua punya tanggung jawab penuh untuk mengajari si kecil agar bisa berpuasa dengan lancar. Kali ini akan dibahas seperti apa tips puasa untuk anak yang bisa diterapkan para orang tua.

Mengajarkan puasa pada si kecil memang cukup menantang. Usia anak yang masih muda menjadi tantangan bagi orang tua untuk menanamkan tanggung jawab berpuasa. Agar aktivitas puasa bisa dijalani dengan semangat dan tubuh anak tetap sehat selama berpuasa, ada sejumlah tips agar anak semangat puasa Ramadhan. Yuk, baca artikel berikut sampai habis!

Tips Puasa untuk Anak

Jika anak sudah dirasa siap untuk berpuasa, maka orang tua bisa segera memberikan bimbingan kepada mereka. Berikut ini adalah 6 tips puasa untuk anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua.

 

1. Berikan Pemahaman

Langkah pembuka adalah memberi pemahaman kepada si kecil. Jelaskan apa sebenarnya berpuasa itu dan alasan kita sebagai umat muslim wajib untuk melakukannya. Berikan pemahaman dengan cara yang menyenangkan misalnya lewat cerita atau lagu. kamu bisa memberikan pemahaman mengenai puasa jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadan tiba sehingga anak sudah siap untuk berpuasa.

 

2. Berikan Contoh

Sebagai orang tua, berikan contoh dan jadilah teladan bagi anak. Cara mengajarkan anak puasa Ramadhan yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh langsung. Kamu bisa memulai dengan membangunkan anak untuk ikut sahur bersama. Libatkan pula anak saat memasak untuk berbuka puasa agar mereka paham ritme puasa.

 

3. Latih secara Bertahap

Jangan langsung meminta anak untuk berpuasa sehari penuh. Lakukan secara bertahap dengan meminta si kecil puasa setengah hari. Biarkan anak berpuasa sesuai dengan kemampuannya dan tingkatkan secara bertahap. Jika hal ini dilakukan dengan disiplin maka secara perlahan anak akan mampu berpuasa satu hari penuh.

 

4. Sajikan Makanan Favorit

Tips agar anak semangat puasa, sajikan makanan favorit si kecil saat sahur dan berbuka agar ia semakin bersemangat. Tanyakan kepada anak makanan atau minuman apa yang ingin dinikmati saat sahur dan berbuka. Ini akan menjadi motivasi bagi mereka sehingga lebih semangat berpuasa.

 

5. Berikan Apresiasi

Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada si kecil setiap hari. Seberapa jauh mereka berlatih puasa, tetap berikan pujian. Sampaikan bahwa mereka hebat telah sanggup menahan lapar dan haus saat berpuasa. Tak ada salahnya juga untuk memberikan hadiah kepada anak jika mereka bisa menyelesaikan ibadah puasa dengan lancar.

 

6. Jangan Memaksa

Tak perlu memaksa anak untuk berpuasa. Sebenarnya teori usia ideal puasa untuk anak juga tidak ada. Setiap anak bisa saja siap untuk berpuasa di waktu yang berbeda. Biarkan saja mereka berusaha semampunya untuk belajar berpuasa. Meskipun tak boleh memaksa, namun pastikan untuk tetap disiplin mengajari anak menjalankan puasa.

 

7. Buat Rutinitas Bersama

Salah satu cara mengajarkan puasa Ramadhan pada anak adalah dengan membuat rutinitas bersama. Selama bulan Ramadhan, ajak si kecil untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan selama puasa seperti menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, shalat lima waktu, hingga tarawih. Dengan begitu, ia akan lebih cepat memahami makna dan manfaat berpuasa selama Ramadhan.

 

Dikutip dari : jovee.id (Beranda Gaya Hidup Sehat)

Leave a Comment