Olahraga memiliki banyak manfaat baik untuk dewasa maupun anak – anak, seperti meningkatkan kesehatan, membangun percaya diri, mengajarkan sportifitas dll. Nah, Homeschooling Kak Seto Surabaya merangkum beberapa olahraga yang baik bagi tumbuh kembang si anak.

Sepak Bola

Sepakbola adalah olahraga terpopuler di Bumi, termasuk Indonesia. Hanya dengan bermodalkan sebuah bola Si Anak sudah dapat bermain olaraga ini. Namun jika bermain sendirian kan kurang seru, Mama. Ajak Si Anak ke Sekolah Sepakbola (SSB), agar minatnya semakin besar untuk bermain bola.

Berikut keuntungan fisik dan sosial yang Si Anak dapatkan saat mengikuti olahraga ini.

Keuntungan fisik:

Daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi mata dan kaki, keseimbangan, kontrol berat badan.

Keuntungan sosial:

Disiplin, kerjasama, penghargaan diri, kepemimpinan, keadilan.

Basket


Basket juga merupakan olahraga populer di Indonesia. Sehingga liga basket profesional di Indonesia juga telah bergulir. Banyak klub yang ikut tumbuh di sekitar kita. Popmama.com yakin jika Mama dan Papa memiliki pemain basket idola pada zaman masih sekolah dulu.

Inilah keuntungan fisik dan sosial yang didapat dari bermain basket.

Keuntungan fisik:

Daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, tertutama tangan dan kaki, fleksibilitas, koordinasi, mata dan tangan, keseimbangan, kontrol berat badan.

Keuntungan sosial:

Disiplin, kerjasama, penghargaan diri, kepemimpinan, keadilan.

Inline Skate

skate adalah salah satu jenis sepatu roda dengan roda yang ditata dalam satu garis, sehingga disebut inline. Mama dan Papa pasti ingat dengan boominginline skate bermerek Roller Blade dan California Pro di zaman old. Sekarang banyak sepatu roda inline dengan harga terjangkau di pasaran. Jika Si Anak ingin menekuni dapat diarahkan untuk ikut dalam klub sepatu roda.

Manfaat dari olahraga sepatu roda inlineinline skate.

Keuntungan fisik:

Kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot kaki, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan.

Keuntungan sosial:

Penghargaan diri, perasaan bebas.

Renang

Pada dasarnya Si Anak senang bermain air, baik di kolam renang atau di pantai. Renang sangat baik jika diajarkan sejak usia muda, sebab ini akan menambah keahlian Si Anak tentang keamanan di air; water safety. Selain itu juga olahraga yang tepat jika Si Anak memiliki penyakit asma. Paru-paru akan dilatih dengan maksimal dan efisien dengan olahraga renang ini. Renang juga digunakan untuk terapi mengurangi efek cidera dari olahraga lain. Tunggu apalagi Mama dan Papa, yuk ajak Si Anak untuk berenang!

Inilah keuntungan fisik dan sosial yang didapat dari renang.

Keuntungan fisik:

Kebugaran kardiovaskular, terutama penderita asma, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan, memiliki postur tubuh yang baik.

Keuntungan sosial:

Disiplin, perasaan bebas, penghargaan diri.

Lari

Lari adalah dasar dari hampir semua olahraga. Semua orang dapat melakukannya, bahkan Si Anak senang melakukannya sejak kecil saat mereka bisa berjalan atau bahkan kebalikannya. Saat ini juga sedang tren kegiatan lari dan hampir setiap minggu ada kompetisi lari di ibukota atau kota besar lainnya.

Keuntungan fisik dan sosial yang didapat dari olahraga lari.

Keuntungan fisik:

Kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot kaki, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan.

Keuntungan sosial:

Penghargaan diri, kesadaran pada lingkungan, perasaan bebas, memperkuat ikatan keluarga.

Nah itu dia beberapa olahraga yang baik bagi tumbuh kembang anak menurut penelitian dari Homeschooling Kak Seto Surabaya. Ada beberapa olahraga diatas yang juga jadi kegiatan rutin di Homeschooling Kak Seto Surabaya juga lho.

Leave a Comment