Apakah adik-adik homescholar suka belajar sambil mendengarkan musik? Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memahami pelajaran. Ada yang lebih suka belajar dengan suasana hening, ada pula yang sukanya sambil mendengarkan musik.

Belajar sambil mendengarkan musik bisa mengusir jenuh dan keheningan saat belajar hingga membuat berpikir menjadi lebih santai atau tidak tegang. Namun, sebenarnya apakah belajar sambil mendengarkan musik itu efektif? Musik merupakan segala sesuatu yang menyenangkan, mendatangkan keceriaan, mempunyai irama (ritme), melody, timbre (tone colour) tertentu untuk membantu tubuh dan pikiran saling bekerja sama.

Salah seorang ilmuwan dari timur tengah, Al-Farabi Di dalam bukunya, Great Book About Music, Al-Farabi mengatakan bahwa musik dapat membuat rasa tenang atau nyaman, sebagai pendidikan moral, mengendalikan emosi, pengembangan spiritual, dan menyembuhkan gangguan psikosomatik. Musik yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian adalah musik dengan tempo yang lebih lambat.

Jurnal The American Musik Teacher (Raharja, 2009) menyebutkan bahwa musik dapat mempengaruhi perkembangan intelektual dan kreativitas anak, yaitu :

  1. Dapat meningkatkan kemampuan verbal, emosional, dan kecerdasan spasial
  2. Memperbaiki konsentrasi dan memori
  3. Menginspirasi otak kanan dalam proses kreatif
  4. Memperkokoh kemampuan berpikir intuitif
  5. Mendorong relaksasi
  6. Memperbaiki gerakan tubuh dan koordinasi
  7. Meningkatkan ketenangan atau suasana hati dan memelihara motivasi.

Belajar sambil mendengarkan musik memang bermanfaat, tetapi fokus atau tidaknya kita belajar sambil mendengarkan musik tergantung pada  pribadi masing-masing. Maka, memang benar bahwa kita perlu mengenali diri kita serta mengetahui cara belajar yang membuat kita nyaman. Asal produktif, belajar sambil mendengarkan musik tidak akan menjadi masalah.

Sumber : https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/50

 

Leave a Comment