Tahukah kamu apa itu aplikasi tiktok?

 

Tiktok adalah sebuah aplikasi yang kini sedang menjadi salah satu aplikasi yang digemari hampir di semua kalangan baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Aplikasi tiktok ini sudah banyak di unduh dari play store maupun app store lebih dari 500 jt pendownload. Aplikasi ini dibuat untuk menjadi tempat terkemuka video pendek ponsel dan perusahaan dari tiktok sendiri memiliki misi yakni untuk menginspirasi kreativitas dan memberi sukacita bagi para penggunanya. Dengan fitur sederhana dan trend yang ada di aplikasi tiktok membuat banyak masyarakat terutama masyarakat Indonesia menggandrungi dan menjadikan tiktok sebagai tempat atau sarana untuk mengekspresikan minat bakat atau bahkan sebagai sarana edukasi dan membantu para umkm dalam mengembangakan usahanya.

Banyak loh ternyata orang menggunakan tiktok tidak hanya untuk mengikuti trend yang berlangsung. Ada beberapa orang yang menjadikan tiktok sebagai alat untuk memperoleh dan berbagi informasi seperti berbagi tips and trik tentang suatu hal, cara-cara yang solutif untuk berbagai masalah yang ada bahkan sampai membahas permasalahan Negara yang sedang hangat diperbincangkan. Banyak orang memanfaatkan jumlah pengguna tiktok untuk berdiskusi dan memberikan pengetahuan bagi mereka yang masih awam tentang suatu hal. Misalnya edukasi dalam bidang pendidikan seperti cara bagaimana menjawab toefl agar memperoleh skor 500 keatas, seputar informasi tentang pandangan pendidikan yang ada di Indonesia, tips and trik belajar agar tidak membosankan, cara menjawab pertanyaan sidang skripsi untuk mahasiswa dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, edukasi yang diberikan juga bisa menyesuaikan minat dan apa yang disukai dengan mencari di fitur kolom pencarian, edukasi tentang kesehatan, keselamatan, game dan lain-lain. Banyak solusi dan inovasi yang dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, hanya bagaimana kita berupaya dalam mencari ilmunya.

Ada salah satu pengguna tiktok yang menjadikan konten tiktoknya sebagai sarana edukasi, salah satunya yakni Dosen Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Ira Mirawati, M.Si. Menjadi pengguna media sosial TikTok, bu Ira rutin membagikan konten edukatif yang banyak diapresiasi oleh para pengikutnya.
Bahkan, aktivitasnya di TikTok mengantar bu Ira menjadi salah satu nominator pada ajang TikTok Awards Indonesia 2020 kategori “Best of Learning and Education”, 30 Januari lalu. Pemilik akun TikTok @buiramira ini mampu menggaet perhatian pengguna dari kalangan remaja SMA maupun mahasiswa. Saat ini, jumlah pengikutnya mencapai 443.500 orang. Kontennya berkisar seputar tips menghadapi sejumlah permasalahan kuliah hingga skripsi. Banyak yang merasa terbantu dengan konten yang dihasilkan, mendorong bu Ira terus memproduksi konten edukatif lainnya. Sampai saat ini, sekira 160 konten sudah dihasilkan dan diunggah di akun TikTok-nya. Ada konten tentang skripsi yang dihasilkan bu Ira berhasil memperoleh apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya adalah bagaimana cara menghubungi dosen pembimbing skripsi.

Nah, kini sudah tahu belum kalo ternyata aplikasi tiktok ini mempunyai dampak yang besar dan bisa menjadikan sarana edukasi untuk kalian yang mempunyai minat bakat dalam bidang tertentu loh. Kalian bisa menyalurkannya melalui media sosial. Tiktok salah satunya.

Sumber:  https://www.unpad.ac.id/2021/02/dr-ira-mirawati-m-si-manfaatkan-tiktok-sebagai-media-edukasi/

Leave a Comment