Hallo para bunda..

Anak merupakan karunia terbesar bagi keluarga. Dalam kehidupan berbangsa, anak adalah penerus cita-cita bagi kemajuan suatu bangsa. bahkan, anak memiliki hak yang harus dilindung yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 dimana dalam pasal 28 b tercantum bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidupnya, pertumbuhan dan perkembangannya dan mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan bermacam diskriminasi.

Memiliki anak yang cerdas adalah harapan setiap orang tua. Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Hal tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya peran dan dukungan dari orang tua khususnya para ibu.

Pemberian stimulus dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak sehingga menghasilkan progres yang baik. Banyak oranag tua yang menyuruh anaknya belajar dan mengikuti perkembangannya.

 

Padahal, orang tua juga harus mengetahui tahapan perkembangan anak terlebih dahulu, jangan sampai waktu bermain anak tersita penuh untuk belajar. Karena sejatinya bund, anak akan mudah bosan saat belajar bahkan mengakibatkan ia stress.

Dalam belajar, metode yang tepat serta kematangan dalam menerima pelajaran sangat diperlukan. Jika para bunda ingin mengajarkan anak menulis dan membaca, maka penting untuk mengetahui umur berapa sih anak mulai bisa menulis?. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengenal kesiapan anak dalam menerima ilmu.

Perlu para bunda ketahui, sebelum kita mengajarkan anak menulis ada beberapa hal penting yang harus dikuasai anak terlebih dahulu. Hal tersebut adalah;

 

  1. Menggunting kertas
  2. Melipat kertas origami
  3. Mengupas, contohnya berikan anak kentang rebus dan ajari ia cara mengupas kulitnya
  4. Menempel, biasakan anak melakukan ini. dapat dikolaborasikan dengan permainan agar anak tidak jenuh
  5. Menjepit
  6. Bermain lilin

 

Mungkin para bunda bertanya-tanya mengapa hal tersebut sangat penting dikuasai anak sebelum ia mampu menulis. Nah, setiap anak memiliki kemampuan motorik. Namun, tidak semua anak menguasai kemampuan yang sesuai dengan tahapan usianya. 6 point penting tadi merupakan beberapa kegiatan yang dapat membantu kemampuan motorik anak.

 

Jika anak melakukan dan menguasai point diatas, maka hal itu dapat melatih kemampuan motorik si anak seperti peningkatan penguatan tangan, melatih fine motor, koordinasi bilateral mata dan tangan anak dengan tujuan jika anak nanntinya menulis maka ia tidak akan mudah lelah dan gampang capek saat menulis.

 

Semoga bermanfaat ya bunda…

Kreator: Anggi Aulia Sitompul

Leave a Comment