Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Dapat dipastikan bahwa 99% manusia di muka bumi menginginkan untuk mendapatkan sebuah Pendidikan. Baik itu Pendidikan yang formal maupun non formal. Sering sekali kita jumpai Pendidikan secara formal yang kita kenal dengan sekolah. Di indonesia, lama waktu Pendidikan di sekolah sekitar 12 tahun. Sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah pertama 3 tahun dan sekolah menengah atas/kejuruan selama 3 tahun. Dalam sekolah, seorang murid mendapatkan hak mereka berupa pembelajaran dan Pendidikan untuk hidup yang lebih baik.

Pendidikan sendiri dalam bahasa yunani yaitu pedagogik yang berarti ilmu menuntun anak. Sedangkan dalam bahasa jawa Pendidikan adalah panggulawentah (pengolahan), mengolah, mengubah kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran, kemauan dan watak, mengubah kepribadian sang anak. Dengan ini bisa disimpulkan bahwa tujuan umum adanya Pendidikan untuk memajukan dan menaikan drajat seseorang.

Dalam buku Achmadi yang berjudul Ideologi Pendidikan Islam halaman 33 tahun 2005, tertulis bahwa fungsi Pendidikan menurut kajian Antropologi dan Sosiologi terdapat tiga fungsi, yaitu

  1. Pengembangan tentang wawasan mengenai dirinya dan alam sekitarnya, sehingga dengan adanya sebuah pengembangan wawasan dapat menimbulkan kemampuan membaca. Yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas.
  2. Melestarikan nilai — nilai insani yang dapat menuntun jalan kehidupannya hingga keberadaannya baik secara individual maupun sosial agar lebih bermakna.
  3. Membuka pintu ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan dan kemajuan hidup bagi individu dan sosial.

Sekarang yang menjadi pertanyaan pentingkah sebuah Pendidikan bagi kita? Apakah kita tidak membutuhkan Pendidikan? Tentu ada seseorang yang mengatakan kita membutuhkan dan ada juga yang mengatakan tidak membutuhkan Pendidikan.

Secara tidak langsung sebenarnya kita tidak bisa terlepas dari Pendidikan. Orang tua kita yang mengajarkan kita cara berbicara yang sopan itu bisa dikatakan sebuah Pendidikan. Pendidikan itu tergolong Pendidikan non formal. Kajian – kajian agama juga bisa dikatakan Pendidikan non formal. Manusia tidak akan bisa lepas dari namanya Pendidikan dan menuntut ilmu dikarenakan Pendidikan akan membawa manusia kearah yang lebih baik dan akan bisa menjadi untuk memanusiakan manusia.

Maka dari itu Pendidikan dan masyarakat tidak bisa dilepaskan, dikarenakan Pendidikan akan mempengaruhi tumbuh kembang masyarakat yang berkaitan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengikuti perkembangan sebuah zaman, dan perkembangan  sumber  daya  manusia  bangsa  indonesia  tidak  terlepas  dari  undang – undangnya.

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/fahmii10/630e39ccdbfe1752bf158d92/pentingkah-sebuah-pendidikan

Leave a Comment