Apa itu “Pendidikan Sepanjang Hayat”?

kenapa bisa menjadi sangat penting  bagi kita?

Pendidikan sepanjang hayat adalah suatu konsep dimana seseorang atau individu dengan suatu proses pendidikan itu dilakukan mulai dari dini sampai tua, dengan kata lain bahwa pendidikan yang tidak mengenal usia dalam melakukan proses pendidikan seumur hidupnya. 

Pendidikan sepanjang hayat tidak ada kata berhenti untuk melakukan suatu pendidikan tetapi akan terus berlanjut menempuh suatu pendidikan atau mempelajari pendidikan tersebut agar lebih memperdalam ilmu yang mereka miliki. Pendidikan sepanjang hayat atau seumur hidup ini berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali dalam arti siapa saja yang lahir di dunia pasti akan terus belajar sampai seumur hidupnya, bukan berarti hanya dalam mengikuti pendidikan sampai mencapai gelar saja.

Sistem belajar pada pendidikan sepanjang hayat berbeda dengan sekolah atau universitas yang harus mengikuti suatu kurikulum atau peraturan sekolah masing-masing. Ada beberapa sistem belajar pada pendidikan sepanjang hayat di antaranya, belajar mandiri, bagaimana cara belajar, menemukan sendiri dan lebih dari bangku sekolah.

Belajar mandiri, dalam sistem ini kita di tuntut untuk belajar mandiri yang merupakan tanpa bantuan dari siapa pun baik instansi atau lain sebagainya. Bagaimana cara belajar, disini  kita harus menentukan bagaimana cara  kita belajar dalam pendidikan itu sendiri tanpa bimbingan orang lain atau arahannya. Menemukan sendiri, kita harus menemukan sendiri masalahnya dan juga menyelesaikannya juga sendiri  ini sama persis di sistem pertama bahwa kita harus belajar mandiri. Lebih dari bangku sekolah, dalam hal ini kita harus memiliki kelebihan yang kita pelajari dari sekolah itulah yang membedakan kita dari sekolah atau berdiri di bawah satu instansi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan sepanjang hayat sangat penting sekali dalam memenuhi kebutuhan dalam hal pengetahuan di dalam diri kita sendiri. Pendidikan sepanjang hayat memberikan kesempatan pada semua orang sesuai dengan minat, usia, dan kebutuhan dari masing-masing individu baik pendidikan formal maupun non-formal. Yang diselenggarakan saat ini dan belum dapat menyentuh golongan seluruh masyarakat.

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/mayarnintatarigan9284/5f8ba2578ede4853664f1a62/pentingnya-pendidikan-sepanjang-hayat

Leave a Comment